Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Jumat, 04 Juni 2010

Hacker Pembajak Akun YM Jajang C Noer Dinilai Cerdik

Jumat, 04 Juni 2010
Jakarta - Hacker yang membajak akun YM Jajan C Noer dinilai cerdik. Kecerdikan itu bisa dilihat dari trik sang penipu yang meminta uang kepada Butet Keartaredjasa dan menyuruh transfer bukan ke rekeningnya, namun ke rekening orang lain.

"Hacker ini cerdik. Dia melakukan penipuan transfer menyuruh Butet kirim uang ke pihak ketiga," ujar ahli digital forensik, Ruby Alamsyah, kepada detikcom, Senin (31/5/2010).

Menurut Ruby, hacker tersebut tetap mendapatkan keuntungan meski uang tersebut tidak dikirimkan langsung ke rekeningnya. Jajang palsu itu mendapatkan chips poker dengan gratis melalui Uding Sancoko, si pemilik toko online chips poker.

"Menurut saya memang cerdik. Tidak langsung masuk ke rekening dia (penipu)," ungkap Ruby.

Pada Kamis 27 Mei, budayawan asal Yogyakarta, Butet Kartaredjasa, ditipu oleh seseorang yang menggunakan akun YM Jajang C Noer.

Butet mengaku dimintai uang Rp 2 juta rupiah karena Jajang palsu itu mengaku ATM-nya patah. Uang tersebut diakui Jajang palsu untuk biaya pengobatan saudaranya di rumah sakit.

Namun saat Butet mengirimkan nomor rekening balik ke HP Jajang asli, Jajang pun heran. Jajang kemudian mengatakan kalau Butet sudah tertipu. Selain Butet, istri Chrisye juga kena tipu.

Usut punya usut, nomor rekening yang dikirim Rp 2 juta oleh Butet ternyata milik Uding, pemilik bisnis penjualan chips poker. Uding mengaku dia bukan pelaku, malah korban penipuan juga. Pelaku, menurutnya, menggunakan id YM Idagial.

Uding lantas mengembalikan uang Butet Rp 2 juta. Tak mau dikatakan penadah, Uding yang menetap di Purwodadi, Jateng, melaporkan kasus ini juga ke polisi. Sedang Jajang lapor ke Polda Metro Jaya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Message Box


ShoutMix chat widget

The Price of My Blog


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?

Advertising