Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Jumat, 04 Juni 2010

Berita Para Hacker

Jumat, 04 Juni 2010
Adobe target utama para hacker

JAKARTA (Bisnis.com): Produk piranti lunak Adobe menjadi target utama para hacker dan pembuat virus untuk kejahatan internet sepanjang kuartal I/2010 karena kemampuan yang rentan, khususnya pada Adobe Reader dan Adobe Acrobat.

Laporan Kaspersky Lab yang diterima Bisnis.com hari ini menjelaskan saat ini produk Adobe merupakan target utama hacker dan pembuat virus karena kemampuan prevalence dan multiplatform produknya rentan. Sayangnya, para pengguna produk Adobe seringkali tidak menyadari potensi ancaman yang ditimbulkan pada saat membuka file .pdf dari pengirim yang tidak diketahui.

Terdapat fakta banyak pengguna produk Adobe tidak menginstal patch yang dirancang untuk menghapus kerentanan piranti lunak tersebut. Sebanyak 3 produk keluaran Adobe masuk ke dalam sepuluh kerentanan piranti lunak yang paling umum terdeteksi pada komputer pengguna sepanjang kuartal I/2010. Sisanya ditemukan pada 6 Microsoft, dan satu pada produk Sun.

Ketiga kerentanan yang menyasar program Adobe tersebut ditemukan pada 23.37%, 17.87%, dan 15.27% dari seluruh komputer yang diperiksa, dimana kerentanan pertama dan terakhir merupakan kerentanan kritis yang memungkinkan hacker mengambil kendali penuh atas sistem secara jarak jauh. Di antara banyak jenis serangan exploit yang terdeteksi, keluarga Exploit.Win32.Pdfka dengan persentase 42.97% adalah yang terpopuler.

Exploit ini mengambil keuntungan dari kerentanan di Adobe Reader dan Adobe Acrobat. Exploit yang terdeteksi ini merupakan dokumen PDF yang berisi skenario Javascript yang tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna, diunduh serta memunculkan bagian lain dari malware secara langsung dari internet.

Salah satu kerentanan dalam produk Adobe yang diketahui umum sejak tiga tahun yang lalu telah memiliki patch yang tersedia sepanjang waktu tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak pengguna yang tidak memperbaharui piranti lunak mereka.

Untuk mengatasi masalah ini, 13 April lalu Adobe meluncurkan update otomatis yang berjalan di background. Pengembang diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah aplikasi unpatched yang terlihat begitu menarik bagi para penjahat dunia maya.(msb)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Message Box


ShoutMix chat widget

The Price of My Blog


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?

Advertising